Novrygunawan's Blog

Desember 5, 2009

Definisi konsep lingkungan, faktor-faktor lingkungan yang akan muncul di permukaan dalam 10 tahun mendatang yang mempengaruhi konsumsi minuman ringan

Filed under: Uncategorized — novrygunawan @ 9:50 pm

Petunjuk : Pikiran dalam istilah perubahan bisnis global dan kecenderungan demografis.

Di saat hari raya keagamaan, disetiap rumah pasti banyak sekali makanan dan minuman. Tapi banyak sekali kendala-kendala untuk mempersiapkan itu semua, apalagi minuman. Klo di dalam satu keluarga tidak mau repot untuk membuat sirup atau membuat teh, dan lain-lain. Maka pasti akan dihidangkan minuman dalam kemasan. Tujuan nya adalah supaya praktis, simple tanpa harus repot-repot untuk membuatnya. Tinggal membuka tutup botol pada kemasan tehnya saja (teh botol Sosro). Hal ini dalam perilaku konsumen merupakan presepsi suatu keluarga yang menggangap kalau membuatkan minuman untuk tamu pada saat hari raya itu tidak praktis. Kalau dengan teh dalam kemasan di dalam botol itu penyajiannya lebih mudah dibandingkan harus membuat teh sendiri. Saya ambil contoh nya teh botol dalam kemasan adalah Teh botol Sosro.

Salah satu jenis produk minuman ringan yang cukup dikenal di Indonesia adalah minuman teh yang hingga saat ini dikonsumsi oleh 79 persen penduduk Indonesia. Perkembangan konsumsi teh di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. PT. Sinar Sosro dengan produk andalannya yaitu Teh Botol Sosro merupakan ancaman serius bagi PT. Coca Cola Amatil ( PT.CCA ) yang memproduksi produk-produk minuman berjenis kola. Keberhasilan PT. Sinar Sosro sangat menarik minat perusahaan-perusahaan pesaingnya, salah satunya PT. CCA untuk ikut bermain dalam pasar tersebut. PT. CCA menunjukkan keseriusan untuk mengambil posisi pemimpin pasar dari PT. Sinar Sosro dengan mengeluarkan produk minuman teh dalam kemasan botol dengan merek Frestea pada tahun 2002. Hal ini menyebabkan persaingan pada industri minuman teh dalam kemasan botol di Indonesia berlangsung dengan ketat.

Di pasaran banyak beredar berbagai merek minuman teh dalam kemasan botol, sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keunggulan bersaing adalah dengan menawarkan produk yang dapat memenuhi harapan dan keinginan konsumen. Untuk mengetahui apakah suatu produk sudah mampu memenuhi harapan dan keinginan konsumen maka dapat diukur melalui persepsi dan sikapnya terhadap produk tersebut. Pemahaman tentang persepsi dan sikap konsumen bagi pemasar akan sangat penting dibandingkan pengetahuan mereka tentang realitas suatu obyek.

Kemampuan untuk memahami keseluruhan dari persepsi konsumen akan membantu pemasar untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk (Schiffman dan Kanuk, 1994).

Dengan survei yang dilakukan PT. Sinar Sosro maka berinovasi dengan cara menambahkan rasa pada tehnya sehingga banyak variasi terhadap minuman teh. Yang paling hebatnya lagi teh botol Sosro mengeluarkan produk perpaduan soda dengan teh. Karena memang pencitraan PT. Sinar Sosro di masyarakat adalah perusahaan yang pertama kali memunculkan minuman teh dalam kemasan.

Referensi : Analisis persepsi dari sikap konsumen terhadap minuman teh dalam kemasan ringkasan eksekutif Fiana Ratri

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: